Saya sempat kehilangan kendali di tikungan keempat dan menabrak dinding di sisi luar."
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional yang tergabung pada tim Manor Racing Rio Haryanto sempat menambar pagar pembatas bagian luar saat tampil pada babak kualifikasi lomba balap mobil Formula Satu (F1) race ketujuh di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Kanada, Sabtu (11/6) waktu setempat.

Media Relations Rio Haryanto, Cep Goldia dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, menyebutkan, Rio Haryanto sempat menabrak dinding bagian sisi luar pada saat memasuki tikungan keempat.

Pebalap asal Solo, Jateng, tersebut, mengatakan, saat turun di lintasan pada waktu memakai ban kedua kondisi lintasan basah karena hujan. "Saya sempat kehilangan kendali di tikungan keempat dan menabrak dinding di sisi luar," kata pebalap berusia 23 tahun tersebut.

Menurut dia, pnampilan pada hari ini cukup mengecewakan bagi dirinya karena kecepatan tidak terlalu bagus dan ada beberapa rintik hujan.

"Saya pikir jika melihat Pascal (Pascal Wehrlein), kita bisa melihat bahwa mobil kompetitif dan memiliki kecepatan. Saya tidak dapat menunjukkan untuk itu. Besok (Minggu waktu setempat saat race ketujuh) tampaknya akan basah (lintasan) dan saya akan mencoba melakukan yang terbaik untuk itu," katanya.

Pada babak kualifikasi untuk menentukan nomor star saat tampil pada race ketujuh tersebut, Rio Haryanto menempati posisi ke-21 dengan catatan waktu 1:17.052 dari sembilan kali putaran sedangkan rekan satu timnya Pascal Wehrlein menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu 1:15.599.

Sementara itu Pascal Wehrlein mengaku senang dengan hasil kualifikasi ini. "Saya sangat senang dengan kualifikasi ini dan kami berada di depan duo Sauber yang merupakan pesaing pesaing utama kami saat ini," kata pebalap asal Jerman tersebut.

Menurut dia, dirinya bisa kompetitif di sini melawan mereka karena ada beberapa lintasan lurus dan panjang yang memerlukan tenaga.

"Perlu pengeremen dan traksi yang baik dan kami memiliki semua itu yang tentunya positif bagi kami, Pada ban set pertama berjalan dengan baik tetapi kemudian hujan turun sehingga membuat trek menjadi licin sehingga kami tidak bisa memperbaiki catata waktu," katanya.

Menurut Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan, Pascal melakukan tugas dengan baik dan cukup berhati-hati pada hari ini, melewati latihan resmi ketiga dan kualifikasi dan dirinya berpikir yang bersangkutan akan senang dengan posisi star untuk besuk.

Sedangkan untuk Rio Haryanto, menurut dia, juga memiliki pagi yang baik dan menjalankan pekerjaan yang bagus di babak kualifikasi, kemudian hujan turun dan sayangnya dia (Rio Haryanto) kehilangan kendali pada tikungan keempat. "Ada sedikit kerusakan pada sisi kanan belakang mobilnya yang membuat kami sibuk untuk sementara. Kami yakin dia (Rio Haryanto) akan berjuang untuk besok," katanya.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016