Sorong (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jefman Kota Sorong, Papua Barat, mengimbau nelayan dan operator moda transportasi laut mewaspadai ombak besar hingga tiga hari mendatang.

Kepala BMKG Stasiun Jefman Kota Sorong, Frans Rahawarin di Sorong, Sabtu, selain gelombang tinggi, angin di laut pun kencang.

Dia memprakirakan, masuknya aliran massa udara basah dari Samudra Hindia di maritim kontinen Indonesia, dan lemahnya aliran massa udara dingin Australia memberikan kontribusi curah hujan tinggi di wilayah Indonesia pada tiga hari ke depan.

"Sedangkan di Papua Barat, khususnya Kota Sorong dan sekitarnya diperkirakan angin kencang dan gelombang tinggi di perairan selatan," kata dia.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Sorong dan sekitarnya bahkan seluruh Papua Barat agar dapat mewaspadai dampak buruk dari cuaca tersebut.

"Terutama operator jasa transportasi laut agar mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi," katanya

Ia berharap masyarakat mengikuti informasi prakiraan cuaca harian yang disampaikan oleh BMKG terutama peringatan dini akan terjadi hujan lebat, angin kencang, dan gelombang laut tinggi," tambah dia.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016