Tangerang (ANTARA News) - Ketua DPR Ade Komarudin meminta Pemandu Lalu Lintas Udara (ATC) di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta segera direalisasikan bandara segera bisa beroperasi.

"Di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta faktanya sudah siap dioperasikan namun tinggal satu yang perlu diperbaiki adalah Air Traffic Control (ATC)," katanya di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Rabu.

Hal itu dikatakannya usai kunjungan kerja di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu.

Dia menyarankan Kementerian Perhubungan segera melakukan verifikasi karena masih ada waktu sebelum libur Lebaran.

Setelah itu, menurut dia, hasil verifikasi itu disampaikan ke Angkasa Pura II untuk bisa ditindaklanjuti sehingga Terminal III Bandara Soetta bisa dinikmati masyarakat setelah lebaran.

"Banyak kemajuan dalam pembangunan Terminal III ini, kami minta agar masyarakat bisa menikmati," ujarnya.

Selain itu, kata dia, setelah pembangunan Terminal III selesai semua, maka pengelolaannya akan diserahkan ke AP 2 seperti pemeliharaan, manajemen rapi dan tertib, dan arus lalu lintas transportasi yang baik di sekitar terminal tersebut.

Dia menegaskan, bandara merupakan muka negara, kalau bagus maka kesan orang luar terhadap Indonesia semakin bagus sehingga bisa membantu mencapai target pariwisata Indonesia.

Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis dalam kunjungan tersebut mendorong perbaikan ATC tersebut dipercepat.

Menurut dia, Komisi V DPR akan menanyakan tindak lanjut dari rekomendasinya tersebut setelah dua pekan karena perbaikan ATC kemungkinan memakan waktu sekitar dua pekan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Ade didampingi Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Fracis dan Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman Natawijana.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016