Beasiswa Bidik Misi, Hafiz Quran, dan yatim piatu dapat diperoleh calon mahasiswa sebelum kuliah di Darmajaya
Bandarlampung (ANTARA News) - Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Lampung masih membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk mendaftar program beasiswa Bidik Misi, Hafiz Quran dan yatim piatu.

Pendaftaran program beasiswa Bidik Misi dari pemerintah pusat itu dibuka hingga 29 Juli 2016, sementara beasiswa Hafiz Quran dan yatim piatu dari Yayasan Alfian Husin, dibuka hingga 22 Agustus mendatang.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Pemasaran IBI Darmajaya, Dedi Putra, SE, MS.Ak, di Bandarlampung, Kamis mengatakan, beasiswa bidik misi ditujukan bagi calon mahasiswa yang berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu. IBI Darmajaya telah menerima mahasiswa program bidik misi sejak tahun 2012.

Dia memaparkan, selain surat rekomendasi dari sekolah, persyaratan beasiswa bidik misi di antaranya, mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi pasfoto 3x4 sebanyak 3 lembar, fotokopi ijazah legalisir, fotokopi surat keterangan hasil ujian (SKHU) legalisir, fotokopi rapor kelas X-XII legalisir, fotokopi kartu tanda siswa (KTS) dan fotokopi sertifikat prestasi akademik maupun non akademik.

"Calon mahasiswa juga harus menyertakan fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening listrik, fotokopi bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB), surat keterangan penghasilan orang tua, dan surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan kepala desa atau lurah setempat serta foto rumah sebanyak 4 lembar tampak depan, samping, belakang dan dalam," ujarnya.

Dedi menambahkan, persyaratan beasiswa Hafiz Quran dan yatim piatu hampir serupa dengan persyaratan beasiswa Bidik Misi. Hanya saja, untuk beasiswa Hafiz Quran, peserta telah mampu menghafal Alquran minimal 5 juz, dan untuk beasiswa yatim piatu melampirkan surat keterangan yatim piatu serta surat rekomendasi dari panti asuhan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya, Muprihan Thaib, Sos, MM berharap, melalui beasiswa dapat membuka kesempatan bagi generasi bangsa yang berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

"Beasiswa Bidik Misi, Hafiz Quran, dan yatim piatu dapat diperoleh calon mahasiswa sebelum kuliah di Darmajaya. Selain itu, Darmajaya juga memiliki beasiswa PPA dan BBM bagi mahasiswa yang telah kuliah dan pendaftarannya dibuka pada semester III," ungkap Muprihan.

Dia melanjutkan, untuk mempersiapkan lulusan berdaya saing global, IBI Darmajaya juga memberikan banyak kesempatan beasiswa studi ke luar negeri, bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Asia hingga Eropa. Salah satunya yakni program Joint Degree untuk Magister Manajemen bekerja sama dengan University of West of England Bristol Inggris.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016