Jakarta (ANTARA News) - San Antonio Spurs, mengisi kekosongan yang ditinggalkan Tim Duncan yang pensiun, dengan mengontrak Pau Gasol, Kamis waktu setempat, sebagai usaha untuk memperkuat lini depan mereka.

Rincian kontrak tidak diungkap tetapi dilaporkan bahwa Gasol, satu-satunya pemain NBA yang mempunyai rata-rata 15 poin, 10 rebound dan empat assist  dalam satu pertandingan musim lalu, menamdatangani kontrak setahun senilai 30 juta dolar.

Gasol, yang musim lalu bermain untuk Chicago Bulls, sebelumnya sudah menulis dalam Players' Tribune bahwa ia akan bergabung dengan lima kali juara NBA Spurs.

"Saya senang bergabung dengan tim NBA yang luar biasa, dengan pelatih kepala dan staf yang menakjubkan, dan daftar pemain yang penuh bakat, tangguh dan kompetitif," tulis Gasol seperti dikutip Reuters.

"Saya akan menjadi bagian dari satu tim yang telah menjadi contoh untuk konsistensinya, loyalitas pada para pemainnya, gaya bermain, filosofi dan secara keseluruhan unggul."
    
Forward center berusia 36 tahun itu mempunyai rata-rata 18,2 poin, 9,5 rebound, 3,3 assist dan 1.68 block sepanjang 15-musim NBA dalam karirnya yang di dalamnya termasuk bermain bersama Memphis Grizzlies, Los Angeles Lakers dan Bulls.

Pria asal Catalonia, yang menjadi Rookie terbaik 2002,  itu juga bermain bagi tim nasional Spanyol sejak 2001, tampil pada tiga Olimpiade terakhir dan membantu Spanyol meraih medali perak pada 2008 dan 2012.

Ia adalah salah satu dari enam pemain NBA yang mencapai 19.000 poin, 10.000 rebound, 3.000 assist dan 1.500 block dalam karirnya, bersama dengan Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, Shaquille O'Neal, Kevin Garnett dan Duncan.  

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016