Philadelphia (ANTARA News) - Wakil Presiden Joe Biden menyerang calon presiden Partai Republik Donald Trump dengan menyebutnya oportunis yang tidak tahu apa-apa mengenai apa yang membuat Amerika besar atau dalam membantu keluarga-keluarga Amerika bekerja.

Seraya menyebut "tidak tahu apa-apa" pada Konvensi Nasional Demokrat di Philadelphia, Biden mengatai Trump dengan mengutip slogan acara reality show kebanggaan Trump, "You're fired" (Kamu dipecat).

"Ketika kelas menengah baik-baik saja, kaum kaya sangat nyaman dan kaum miskin punya harapan, dia tidak tahu apa-apa tentang apa yang membuat Amerika besar. Sejujurnya, dia tidak tahu apa-apa," kata Biden dalam pidato emosional yang disambut sorak sorai peserta konvensi.

Sebaliknya Biden menyanjung calon presiden kubu Demokrat Hillary Clinton sebagai pejuag yang peduli kepada keluarga miskin.

Biden (73) yang sempat akan menantang Hillary sebagai calon presiden namun kemudian mundur Oktober lalu mengatakan, dia dan keluarganya belum siap ikut berkampanye karena masih berduka setelah putra mereka, Beau, meninggal dunia karena kanker otak.

Dikenal sebagai pakar kebijakan luar negeri, Biden menyebut Trump tidak layak dipilih memimpin Gedung Putih pada 8 November.

"Biar saya katakan bahwa tak ada kaitannya dengan politik. Saya kasih taqhu mengenai hal yang saya anggap sangat serius. Ini adalah dunia yang rumit dan tidak menentu di mana kita tinggal," kata Biden. "Ancaman-ancaman terlalu besar sehingga bukan waktu yang tepat untuk memilih Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat."

Selama dua masa kepresidenan Obama, Biden kerap melancarkan kampanye demi memenangkan para pemilih kulit putih yang mengenali latar belakang kerjanya dan gaya berbicaranya yang terus terang, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016