Manado (ANTARA News) - PT Jasa Marga (Persero) akan menalangi dana pembebasan lahan pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara sepanjang 39,9 kilometer.

"Pembangunan jalan tol Manado-Bitung dibagi dalam dua segmen, di mana segmen I sepanjang 14,9 kilometer dan segmen II sepanjang 25 kilometer," kata Direktur Utama Adityawarman di Manado, Sabtu.

Segmen I, kata dia, akan dikerjakan oleh pemerintah sementara sisanya akan dibangun PT Jasa Marga yang direncanakan selesai pada 2019 mendatang.

"Memang masih kendala-kendala dalam pembebasan lahan, tapi pembangunannya tetap harus dilanjutkan. Untuk pembebasan lahan, PT Jasa Marga menyediakan sebesar Rp816 miliar," katanya.

Menurut Adityawarman, akan ada tim yang akan diturunkan untuk mendata kembali lahan-lahan milik masyarakat yang belum dibebaskan termasuk mengidentifikasi apa yang menjadi kendalanya.

"Kami optimistis pembebasan lahan dapat terselesaikan sehingga akan dilanjutkan tahap selanjutnya yaitu konstruksi. Untuk investasi PT Jasa Marga menyediakan anggaran sebesar Rp5 triliun," ujarnya.

Karena itu dia mengharapkan masyarakat mendukung sepenuhnya pembangunan ruas jalan tol ini karena akan memberikan dampak positif untuk pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Jalan tol selesai akan meningkatkan ekonomi Sulut, ekonomi meningkat akan memacu industri yang pada gilirannya akan menyedot tenaga kerja yang semakin besar," ujarnya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016