Jakarta (ANTARA News) - Denny JA, penggagas Indonesia Tanpa Diskriminasi, meluncurkan 22 buku puisi (bergambar), serta 22 video buku puisi itu, masing- masing berdurasi antara 15- 36 menit.

Dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis, bahwa 22 buku tersebut merupakan buku renungan Denny JA dalam bentuk puisi, menggali pengalaman besar manusia baik soal filsafat hidup, agama ataupun perkara sentral sosial politik.

Menurut Denny JA, dia menggali pengalaman batinnya sendiri sebagai seorang aktivis, dan juga penjelajah dunia spiritual. Dia merasa cukup terganggu dengan semakin digunakannya agama untuk mengkotak-kotakkan manusia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Pew Research Center di tahun 2014, Indonesia termasuk satu dari tujuh negara kurang baik di dunia soal toleransi agama. Penilaian tersebut diberikan dengan melihat ratusan perda di aneka daerah (government policy) yang diskriminatif, serta penilaian dibuat dari ketidaksukaan publik atas minoritas (social hostilities) .

Berdasarkan data yang dikeluarkan SDSN (PBB) tahun 2015, negara yang paling tinggi index bahagianya, justru bukan negara agama. Yang tertinggi justru negara Eropa Barat, seperti Denmark, Swedia, dan Kanada. Ada kecenderungan, semakin intensif agama secara formal berperan di dunia publik, semakin warga negara tidak bahagia.

Dua data ini yang ikut menstimulasi Denny JA merenungkan apa yang salah dengan tafsir  agama di zaman modern. Namun Ia tetap meyakini ada yang suci dalam agama untuk memberikan "meaning of life".

Denny JA juga menterjemahkan 22 buku puisinya itu dalam bahasa Inggris dan dipubliskasi di Amazon.com. Tahun lalu (2015),  buku puisinya dalam bahasa Inggris dan Jerman, terjemahan dari Sapu Tangan Fang Yin, tercatat sebagai buku puisi terlaris di Amazon.com, toko online terbesar di dunia.

Namun untuk bahasa Indonesia, Denny JA sengaja mempublikasikan 22 buku puisinya dan videonya online, agar bisa diakses siapapun, dimanapun, secara gratis.

Berita mengenai publikasi 22 buku puisi Denny JA soal agama dan diskriminasi mulai meluas. Sudah ada komunitas yang akan menjadikan 22 buku puisi itu sebagai simulasi lomba mengekspresikan gagasan soal agama yang ramah dan Indonesia tanpa diskriminasi, menyambut Sumpah Pemuda 2016.

Serial 22 buku puisi Denny JA ini bisa diakses melalui link https://www.inspirasi.co/post/details/20485/22--buku-puisi-denny-ja-tentang-agama--diskriminasi.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016