Jakarta (ANARA News) - Ketua Umum Keluarga Besar Putra Putri Polri AH Bimo Suryono mendukung pencalonan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan Sutiyoso.

"Budi Gunawan merupakan salah satu putra terbaik Polri," kata Bimo, di Jakarta, Jumat.

Bimo menyebutkan perwira tinggi Polri biasa disapa BG itu memiliki "jam terbang" tinggi di lembaga korps seragam cokelat tersebut sehingga BG dinilai mumpuni dan kapabel dalam mengelola lembaga setingkat BIN untuk mencetak sumber daya manusia yang andal.

Sebagai anggota Polri menurut Bimo, BG bisa menjadikan BIN sebagai "mata dan telinga" pemerintah pada bidang intelijen.

"Harapannya situasi di Indonesia lebih baik," ujar Bimo.

Bimo menambahkan perwira tinggi yang menjabat Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) itu mengantongi pengalaman dalam pemberantasan terorisme yang menjadi domain Polri.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Ade Komaruddin mengaku telah menerima surat pengajuan pencalonan Kepala BIN Komjen Polisi Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso dari Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara M Pratikno.

Rencananya, DPR RI akan menggelar Rapat Pimpinan guna membentuk panitia seleksi uji kelayakan dan kepatutan BG sebagai calon Kepala BIN pada Senin (5/9).

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016