Bandung (ANTARA News) - Sekitar 1.500 orang dari PNS Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung serta masyarakat sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) melaksanakan istighosah atau doa bersama menyambut pelaksanaan PON XIX/2016 Jawa Barat, Jumat.

Istighosah ini dipimpin oleh KH. Arifin Ilham ini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasodjo, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Nana Sudjana, Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Bobihoe, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Sekda Prov. Jabar Iwa Karniwa.

Ahmad Heryawan yang juga Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar mengatakan bahwa istighosah ini sengaja digelar untuk memohon ridho dan keberkahan dari Allah SWT demi kelancaran dan kesuksesan PON dan Peparnas 2016 di Jawa Barat.

Gubernur yang akrab disapa Aher ini juga mengatakan bahwa ikhtiar basyariah atau ikhtiar kemanusiaan dan usaha sekuat tenaga telah dilaksanakan sejak tahun 2010 lalu ketika Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah PON dan Peparnas.

"Venue-venue kita sudah 100 persen telah selesai dan siap digunakan secara fungsional," ujar Aher.

"Semua ikhtiar basyariah, persiapan kemanusiaan telah kita lakukan dengan baik. Tinggal kita meminta kepada Allah SWT agar menurunkan irodhah ilahiah-Nya. Kehendak ilahiah-Nya supaya menyetujui, supaya merestui apa yang kita lakukan, sehingga manakala ada pertemuan antara ikhtiar basyariah dengan irodhah ilahiah itulah sukses namanya. Untuk itulah, kita perlu mobilisasi doa, mobilisasi munajat melalui istighosah namanya," kata dia.

Melalui istighosah Aher berharap pelaksanaan PON dan Peparnas di Jawa Barat akan berjalan sesuai dengan harapan dan sukses sesuai dengan empat atau catur sukes yang telah dicanangkan, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukes ekonomi masyarakat, serta sukses administrasi.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016