Berlin (ANTARA News) - Kabinet Jerman pada Rabu memberi lampu hijau terhadap kebijakan pengiriman 650 tentara untuk bergabung dengan satuan NATO guna menghentikan penyelundupan senjata oleh ISIS melalui Laut Tengah.

Keterlibatan Jerman dalam operasi NATO bertajuk "Pengawal Samudera" itu akan berlaku sampai hingga akhir 2017. Dalam beberapa keadaan luar biasa, yang mendesak, Jerman akan mengirim pasukan tambahan untuk tugas tersebut.

Pengiriman tentara pada Rabu itu adalah bagian dari perubahan besar Jerman, yang ingin memperluas peran militernya di Eropa dan NATO.

Menteri Pertahanan Ursula von der Leyep berupaya membarui peralatan militer dan merekrut lebih banyak tentara dalam angkatan bersenjata, setelah bertahun-tahun mengalami penurunan.

Negara anggota NATO pada Juli di Polandia sepakat memulai tugas kelautan baru untuk menghentikan penyelundupan senjata ISIS.

Sejumlah kapal Jerman juga ikut dalam tugas militer Uni Eropa bertajuk "Sophia" untuk menghentikan penyelundupan senjata dan perdagangan manusia dari perairan Libya, demikian laporan Reuters.

(Uu.G005)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016