... diharapkan bisa menggeser porsi daftar tunggu jemaah, mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk keberangkatan...
Bengkulu, Bengkulu (ANTARA News) - Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu mengajukan tambahan kuota jamaah calon haji dari daerah itu yang bisa diberangkatkan pada pelaksanaan Ibadah Haji 2017.

Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Bustasar, di Bengkulu, Kamis, menyebutkan, pada 2017 diharapkan jumlah calon haji yang dapat diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah mencapai 1.800-2.000 jemaah.

"Atau setidaknya kembali ke jumlah kuota dasar sebelum terjadi pengurangan yakni sebanyak 1.600 jemaah," kata dia.

Indonesia sendiri, kata Bustasar, untuk gelaran Haji 2017 memang mengusahakan penambahan jumlah kuota. Pemerintah pusat saat ini sedang mengupayakan kuota haji Indonesia kembali ke jumlah normal atau kuota dasar yakni sebanyak 211.000 jemaah.

"Dengan penambahan kuota ini diharapkan bisa menggeser porsi daftar tunggu jemaah, mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk keberangkatan," kata dia.

Saat ini daftar tunggu haji Bengkulu, lanjut Bustasar, berkisar 10-15 tahun, dan daftar itu akan lebih panjang lagi mengingat setiap tahun minat masyarakat melaksanakan ibadah haji meningkat.

"Untuk Kota Bengkulu daftar tunggu haji sudah mencapai 15 tahun, untuk kabupaten lainnya sekitar 10-12 tahun," ucapnya.

Pewarta: Boyke LW
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016