Foto tahanan. Anda percaya itu? Nanti Jessica akan jawab
Jakarta (ANTARA News) - Terdakwa dalam perkara kematian Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso akan menjelaskan terkait foto yang ditampilkan oleh jaksa penuntut umum yang menggambarkan keadaan ruang tahanan Jessica dianggap mewah dari tahanan lainnya.

Hal itu disampaikan oleh kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan, saat ditemui saat sidang ke-30 yang beragendakan replik dari jaksa penuntut umum (JPU) siang ini, diskors.

"Foto tahanan. Anda percaya itu? Nanti Jessica akan jawab. Gempar lah itu. Ruangan apa itu akan diceritakan. Kalian akan gempar saat Jessica menjelaskan itu," kata Otto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin.

Otto mengatakan Jessica yang akan menjelaskan sendiri keterangan sejumlah foto tersebut pada sidang duplik yang akan digelar Kamis (20/10) mendatang.

Adapun foto tersebut ditampilkan oleh jaksa penuntut umum pada sidang replik atau respons dari nota pembelaan (pledoi) yang disampaikan kuasa hukum.

Dari foto yang disampaikan jaksa sebagai kondisi ruang tahanan di Polda Metro Jaya tersebut, Jessica terlihat sedang duduk sambil berselonjor di sofa berwarna cokelat.

Menurut jaksa penuntut umum, fasilitas ruang tahanan yang didapatkan Jessica paling mewah daripada yang didapatkan tahanan lainnya.

"Kesaksian terdakwa (Jessica) soal ruang tahanan yang kecil, bau, dan banyak kecoa, itu merupakan pilihan terdakwa sendiri supaya tidak digabung dengan tahanan lain. Bahkan, ruang yang ditempati termasuk yang paling mewah. Kami akan memperlihatkan buktinya melalui sejumlah dokumentasi," kata salah satu anggota jaksa penuntut umum Maylany Wuwung.

Foto yang ditampilkan pada layar di ruang sidang tersebut mengundang keberatan dari kuasa hukum Otto Hasibuan yang menyatakan bahwa sidang replik seharusnya dibacakan dan foto tersebut tidak termasuk dalam barang bukti.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016