... tingkat kegagalannya cukup tinggi, tapi bagi yang berhasil, dia akan secara cepat bisa mengkapitalisasi usahanya...
Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mendorong agar seluruh pihak di Indonesia mengoptimalkan SDM di bidang teknologi informatika dan komunikasi (TIK).

"Semoga dalam waktu yang tidak lama, infrastruktur informasi, komunikadi, dan teknologi bisa lebih cepat dibangun secara merata. Kita harus optimalkan SDM TIK yang kita miliki," kata Nasution, dalam keterangan tertulis saat memberikan sambutan kunci pada acara Indonesia Broadcasting Expo (IBX) 2016, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, hal itu sejalan dengan pengembangan SDM melalui pendidikan dan kejuruan yang akan dikembangkan secara besar-besaran.

Ia mengatakan, Indonesia tidak boleh puas menjadi sekedar pemakai tetapi harus bisa menyiapkan infrastruktur untuk mendorong lahirnya para pebisnis pemula.

"Meski tingkat kegagalannya cukup tinggi, tapi bagi yang berhasil, dia akan secara cepat bisa mengkapitalisasi usahanya," kata Nasution.

Berdasarkan data, masyarakat paling nyaman memperoleh informasi dari televisi (95 persen), disusul internet (33 persen(, dan surat kabar (12 persen).

Sejak 2010, sektor informasi dan komunikasi selalu mencapai pertumbuhan tertinggi dibandingkan sektor lain. Bahkan sejak triwulan I-2016, pertumbuhannya tertinggi kedua setelah sektor jasa dan keuangan.

Pada triwulan II-2016, pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi sebesar 8,47 persen dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 3,56 persen. Sementara sektor Jasa Keuangan dan Asuransi tumbuh 3,51 pesen, dengan kontribusi sebesar 4,15 persen.

Pewarta: RH Napitupulu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016