Djakarta, 30 Oktober 1962 (Antara) - Akademi Ilmu Pengetahuan Musik (AIPM) jang pertama kali di Indonesia akan dibuka pada bulan Desember tahun ini di Djakarta sebagai djurusan baru dari Universitas Sawerigading tjabang Djakarta. 

Menurut keterangan jang didapat “Antara” dari pimpinan universitas, Akademi Ilmu Pngetahuan Musik tersebut akan dipimpin oleh seorang ahli musik terkenal, selaku dekan Akademi itu, jang akan mendidik putera/puteri Indonesia mendjadi sardjana musik (musicolog) jang di Amerika Serikat terkenal dengan sebutan Master of Music.

Sampai saat ini di Indonesia baru ada Sekolah Musik jang mendidik seorang mendjadi musikus atau djurusan musik dan sejenisnya pada FKIP2 jang chusus untuk mendidik guru2 musik, sedang di Eropa dan Amerika Serkat Akademi Ilmu Pengetahuan Musik jang mendidik musicolog sudah lama ada.

Demikian keterangan pimpinan Universitas tsb jang selandjutnja mengharapkan agar dengan berdirinja AIPM tersebut, lambat laun universitas2 dinegeri kita djuga harusnya untuk memperluas usaha2 itu.

Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016