Jakarta (ANTARA News) - Indonesia membidik empat medali emas dalam tiga rumpun cabang olahraga dayung yaitu dayung, perahu naga, dan perahu kano-kayak pada Asian Games 2018.

"Pada cabang dayung, medali emas kami targetkan dari nomor single skull putra, nomor M8+ putra. Sebanyak 32 atlet telah menjalani pelatnas dayung di Pangalengan, Bandung, sejak 8 Oktober," kata Direktur Performa Tinggi Lomba 1 Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Hadi Wihardja ketika dihubungi ANTARA News di Jakarta, Rabu.

Pada cabang perahu kano dan kaya, lanjut Hadi, Satlak Prima menargetkan satu medali emas yaitu pada nomor C2 200 meter.

"Kami mengharapkan kano nomor C2 200 meter akan ditetapkan dalam rapat koordinasi dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) nanti. Indonesia punya peluang emas pada nomor itu karena menempati peringkat 17 dunia," kata Hadi.

Dua medali emas berikutnya ditargetkan pada cabang perahu naga nomor 12 pedayung jarak 200 meter dan 500 meter.

Hadi mengatakan tim dayung Indonesia akan menjalani perlombaan uji coba pada Kejuaraan Dunia Dayung pada Mei 2017.

"Kami tetap mendukung cabang-cabang olahraga untuk mengikuti laga uji coba meskipun mereka tidak akan bertanding dalam SEA Games 2017. Jika cabang olahraga punya target medali dalam Asian Games 2018, kami akan mempertahankan prestasi mereka dari sekarang," katanya.

Dukungan Satlak Prima terhadap cabang-cabang olahraga yang akan mengikuti laga uji coba, menurut Hadi, sesuai target cabang itu dalam Asian Games 2018.

"Kami mengharapkan cabang-cabang olahraga yang akan turun dalam Asian Games 2018 juga akan muncul dalam pertandingan uji coba jelang Asian Games pada akhir 2017," ujar Hadi.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016