Sukabumi (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Sukabumi, Jawa Barat, namun getarannya tidak terlalu dirasakan oleh warga.

Informasi yang dihimpun Antara melalui situs resmi bmkg.go.id, gempa tersebut terjadi pada Selasa pukul 18.28 WIB yang berlokasi di 7.43 Lintang Selatan, 106.51 5.0 Bujur Timur dengan kedalaman epicentrum 89 km di 72 km Barat Daya Kota Sukabumi.

"Tadi saya sempat terkejut dengan getaran gempa, yang kebetulan saat itu tengah nonton televisi di rumah. Saat gempa saya langsung menggendong anak keluar rumah," kata warga Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Dina Nurlela di Sukabumi, Selasa.

Hingga saat ini ia pun masih khawatir terjadi gempa susulan, karena trauma melihat gempa bumi yang terjadi di Aceh yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan.

Di tempat lainnya, Dimitri warga Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi menyebutkan saat kejadian, ia tengah santai di rumahnya yang berada di lantai dua. Saat gempa, tanpa pikir panjang ia pun langsung turun dan keluar rumah.

"Panik pastinya, apalagi saat kejadian saya tengah melihat berita tentang bencana di Aceh sehingga saya keluarga menjadi trauma," katanya.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi terkait kerusakan. Namun, informasinya pascagempa itu, belum ada laporan kerusakan baik rumah warga maupun fasilitas umum lainnya.

Namun warga diimbau untuk selalu waspada antisipasi terjadinya gempa susulan yang kekuatannya lebih besar yang bisa saja menyebabkan kerusakan.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016