Cilacap (ANTARA News) - Sebanyak 25 tim dayung perahu naga dari berbagai wilayah di Jawa Tengah bagian selatan mengikuti ajang "Pertamina Dragon Boat Festival 2016" di Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap.

Lomba dayung perahu naga yang digelar pada hari Minggu (18/12) itu terbagi atas dua kategori, yakni pelajar sebanyak 12 tim dan umum sebanyak 13 tim.

Mereka harus beradu kecepatan dalam mendayung pada lintasan sepanjang 600 meter.

Senior Manager Operation Manufacturing Pertamina Refinery IV Cilacap Dadi Sugiana mengatakan "Pertamina Dragon Boat Festival 2016" merupakan yang ke-13 kalinya digelar Pertamina RU IV Cilacap.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar setiap kali ulang tahun Pertamina dan terselenggara atas kerja sama Pertamina dengan PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Kabupaten Cilacap, HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Cilacap, dan KUD (Koperasi Unit Desa) Mino Saroyo," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi ajang untuk menggali bibit-bibit atlet dayung dari Cilacap yang bisa berkiprah di tingkat yang lebih tinggi, baik provinsi maupun nasional.

"Budaya nelayannya sudah ada, tinggal kita arahkan ke prestasi yang lebih baik," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan bukti nyata kepedulian Pertamina terhadap keberlangsungan olahraga dayung agar selalu eksis di masyarakat.

Selain itu, kata dia, sebagai wadah untuk atlet dayung dalam mengembangkan prestasinya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016