Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi, Jawa Barat melakukan pengalihan arus lalu lintas Jalan Tol Padaleunyi selama perbaikan Jembatan Cisomang.

"Saat ini Jasa Marga telah melakukan perbaikan sementara dengan grouting pada pilar yang bermasalah dan wrapping untuk mencegah kerusakan," kata Assistant Vice President Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso di Kabupaten Bekasi, Jumat.

Perbaikan ini diperkirakan akan memakan waktu selama tiga bulan. Dikarenakan konstruksi bangunan yang berbenturan dengan permukaan diperkirakan ada pergeseran.

Untuk itu guna memberikan rasa nyaman pengguna jalan tol, Jasa Marga bersama kepolisian akan melakukan pengalihan arus untuk kendaraan bermuatan besar.

Sedangkan kendaraan pribadi maupun golongan satu masih bisa menggunakan ruas jalan Jembatan Cisomang.

Pembatasan kendaraan Non Golongan satu di Tol Padaleunyi diberlakukan secara efektif mulai hari Jumat, Tanggal 23 Desember 2016 pukul 00.00 WIB dengan pengaturan.

Pengaturan itu kendaraan dari arah Bandung Ruas Cipularang KM 84 s.d. KM 122 hanya dapat dilalui oleh kendaraan Golongan satu.

Untuk kendaraan Non Golongan I yang berasal dari Ruas Jakarta-Cikampek atau Cikampek-Palimanan menuju ruas Padalarang - Cileunyi dialihkan menuju Jalan Non Tol.

Dan melakukan transaksi di Gerbang Tol Sadang (KM 76) atau Jatiluhur (KM 84). Selanjutnya dapat masuk kembali ke Padaleunyi melalui Gerbang Tol Padalarang Timur (KM 122).

Ia menambahkan untuk kendaraan menuju Jakarta dapat melalui Ruas Cipularang KM 116 s.d. KM 84 hanya dapat dilalui oleh kendaraan Golongan satu.

Kendaraan Non Golongan satu yang berasal dari Ruas Padalarang-Cileunyi menuju Ruas Jakarta-Cikampek atau Cikampek-Palimanan dialihkan menuju Jalan Non Tol.

Dan melakukan transaksi tol di Gerbang Tol Padalarang Timur (KM 122) atau Cikamuning (KM 116), selanjutnya dapat masuk kembali ke Cipularang melalui Sadang (KM 76) atau Jatiluhur (KM 84).

"Bagi pengguna Jalan Tol Padaleunyi, alternatif lain menuju Jakarta/Bandung atau sebaliknya adalah melalui Jalan Arteri Puncak-Cianjur-Padalarang," kata Heru.

Ia menghimbau kepada pengguna jalan selama pekerjaan perbaikan jembatan berlangsung agar berhati-hati memperhatikan rambu lalu lintas tol.

Serta mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini di ruas jalan tol Jasa Marga dengan menekan nomer telepon 021 8413526 / 8413630.

Pewarta: Mayolus Fajar D
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016