Kabul (ANTARA News) - Pria bersenjata tidak dikenal menewaskan delapan warga minoritas Hazara yang bekerja di tambang di Provinsi Baghlan, Afghanistan utara, kata pejabat daerah setempat.

Faiz Mohammad Amiri, gubernur wilayah Taleh va Barfak, mengatakan delapan orang yang meninggal dan tiga lainnya yang terluka, seluruhnya berasal dari Provinsi Daykundi di Afghanistan tengah.

Mereka ditembak setelah diturunkan dari kendaraan bermotor pada Jumat.

Amiri menuduh Taliban sebagai pelaku, yang menguasai daerah tempat peristiwa itu terjadi, namun gerakan itu menyanggah terlibat.

"Orang yang bekerja di tambang itu mendapat izin dari kami dan hubungan kami dengan mereka cukup baik," kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

"Mereka tidak membawa masalah."

Dia menuding "arbakis" atau anggota tak resmi milisi lokal sebagai pelakunya.

Hazara adalah kelompok minoritas berbahasa Persia yang sejak lama menghadapi diskriminasi dan kekerasan di Afghanistan.

Tahun lalu sejumlah orang Hazara terbunuh dalam serangkaian peristiwa serangan di Kabul, yang sebagian diklaim kelompok ISIS.

Kejadian itu menegaskan situasi keamanan yang mengerikan di negara tersebut, dimana pemerintah saat ini hanya mampu menguasai dua pertiga wilayah negara dan kekerasan terjadi hampir setiap hari. (Uu.M007)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017