Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengejutkan Wakil Presiden Joe Biden pada Kamis dengan memberi dia penghargaan Presidential Medal of Freedom with Distinction dalam upacara emosional di Gedung Putih untuk merayakan kemitraan mereka selama delapan tahun.

"Ini adalah pria luar biasa," kata Obama kepada kawan dan teman seperjuangannya dalam upacara kejutan dengan para staf, keluarga dan rekan wakil presiden.

"Selama delapan tahun terakhir, dia menjadi mitra yang paling setia atau efektif dalam kemajuan yang kami buat."

Biden, yang tidak mengetahui akan ada upacara itu, tampak tersentuh ketika Obama mengatakan dia akan memberinya penghargaan tertinggi untuk warga sipil Amerika Serikat.

Itu akan menjadi upacara pemberian penghargaan terakhir dari Obama sebelum dia dan Biden mengakhiri tugas pada 20 Januari.

"Saya tidak punya firasat," kata Biden (74) setelah menerima medali.

"Saya mendapat banyak penghargaan yang tidak layak saya terima," katanya melanjutkan pidato dadakan 20 menit,  mengungkapkan terima kasih kepara Obama dan memberikan penghargaan kepada keluarga besar Biden.

Biden dan Obama menjadi teman dekat selama mereka menjabat di Gedung Putih.

Biden adalah senator Amerika Serikat dari Delaware ketika Obama memilih dia untuk menjadi pendampingnya dalam kampanye pemilihan presiden 2008.

Wakil Presiden itu menyampaikan anekdot tentang tawaran Obama untuk membantu keluarga Biden secara finansial semasa anak lelaki Biden sakit. Anak lelakinya yang bernama Beau Biden meninggal dunia karena kanker otak pada usia 46 tahun pada 2015.

Ibu Negara Michelle Obama serta dua putri Obamas, Malia dan Sasha, juga menghadiri upacara itu, demikian menurut warta kantor berita Reuters.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017