Utrecht, Belanda (ANTARA News) - Sebuah gol semata wayang yang dicetak Lasse Schoene berhasil mengantarkan Ajax mengatasi FC Utrecht dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-19 Eredivisie Liga Belanda di Stadion Galgenwaard, Utrecht, Belanda, Minggu.

Gol itu dicetak Schoene pada menit 83 dengan tendangan dari luar kotak penalti menghujamkan bola ke sudut kanan gawang, menyusul situasi bola mati.

Ajax sebetulnya tampil sangat dominan dengan memiliki 61 persen penguasaan bola sepanjang laga, namun dari 17 kali percobaan tembakan yang mereka lepaskan hanya tiga saja yang menemui sasaran. 

Bagi Schoene gol itu sekaligus menjadi pelunas atas kegagalannya mengeksekusi tendangan penalti pada menit 61, setelah Nacer Barazite dianggap menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti Utrecht.

Sementara itu peluang Utrecht pada menit 29 lewat Richairo Zivkovic masih ditolak oleh mistar gawang.

Kemenangan itu membuat Ajax yang berada di peringkat kedua klasemen kini mengoleksi 43 poin, terpaut lima poin dari pemuncak Feyenoord (48), sedangkan Utrecht (28) tertahan di urutan keenam.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

FC Utrecht (4-1-2-1-2): David Jensen (PG); Mark van der Maarel, Ramon Leeuwin (Giovanni Troupee), Willem Janssen, Robin Van der Meer; Wout Brama; Sofyan Amrabat, Yassin Ayoub; Nacer Barazite (Menno Koch); Sebastian Haller, Richairo Zivkovic (Kristoffer Peterson)
Pelatih: Erik ten Hag

Ajax (4-3-3): Andre Onana (PG); Joel Veltman, Davinson Sanchez (Matthijs de Ligt), Nick Biergever, Daley Sinkgraven; Davy Klaassen, Lasse Schoene, Hakim Ziyech (Donny van de Beek); Anwar El Ghazi (Justin Kluivert), Kasper Dolberg, Amin Younes
Pelatih: Peter Bosz

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017