Jakarta (ANTARA News) - Band indie kenamaan, Barasuara, membawakan dua buah lagu baru berjudul Masa Mesias-Mesias dan Tentukan Arah dalam penampilan mereka di hari pamungkas rangkaian Java Jazz Festival 2017 di panggung Hall A1, JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu.

Untuk nomor Masa Mesias-Mesias, Iga Massardi yang biasanya memainkan gitar bertukar tempat dengan sang pembetot bass, Gerald Situmorang.

"Lagu ini baru kami buat 2-3 bulan lalu, di lagu ini saya bermain bass, karena Gesit bilang 'susah banget bassnya gua gak bisa'," kata Iga saat memperkenalkan Masa Mesias-Mesias.

Masa Mesias-Mesias bertempo cukup pas untuk mengajak penonton berjingrak, namun kerumunan panggung Hall A1 sepertinya masih cukup canggung untuk terlibat mengingat itu lagu baru, termasuk reaksi lambat mereka memberikan tepuk tangan saat alunan musik berakhir.

Di lagu itu, Barasuara yang tengah berkolaborasi dengan seksi alat musik tiup kelompok pimpinan Ron King, dan Ron King sendiri ikut meniupkan terompetnya saat Iga dkk memainkan Masa Mesias-Mesias.

Tepatnya saat T.J. Kusuma (gitar) memainkan bagian melodi solo, Ron King turut mengisi bagian tersebut, tak jelas apakah versi rekamannya nanti akan melibatkan instrumen alat musik tiup.

Lantas lagu baru kedua, Tentukan Arah, judulnya tidak disebutkan oleh Iga namun tertulis di setlist mereka sebagai Tentukan Arah dan dimainkan secara medley dengan Sendu Melagu.

Dibandingkan Masa Mesias-Mesias, Tentukan Arah lebih mengalun pelan meski tak mengurangi goyangan kepala para penonton yang sudah asyik masyuk bersama Sendu Melagu sebelumnya.

Secara keseluruhan, Barasuara di JJF 2017 memainkan Nyala Suara, Samara, Menunggang Badai, Masa Mesias-Mesias, Taifun, Sendu Melagu medley Tentukan Arah, Api & Lentera serta Bahas Bahasa.


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017