Bojonegoro (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto mengatakan masih menunggu hasil survei terkait bakal calon gubernur (cagub) yang akan diusung partainya dalam Pilkada di Jawa Timur, pada Juni 2018.

"Kita masih menunggu hasil survei," kata dia usai menghadiri pelantikan Pengurus DPD Partai Golkar Bojonegoro, di Bojonegoro, Minggu.

Ia mengaku belum bisa menyebutkan nama bakal cagub atau bakal cawagub yang akan diusung atau didukung dalam Pilkada Jawa Timur, baik dari kader sendiri atau dari luar.

"Ya bergantung hasil survei. Bisa saja nanti dari kader sendiri atau dari luar partai," katanya.

Ia menyebutkan sebanyak 171 daerah, di antaranya, sebanyak 17 provinsi, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan jawa Timur, yang akan menyelenggarakan Pilkada di 2018.

Pada kesempatan memberikan sambutan ia ia meminta kepada seluruh jajaran partai golkar di Jawa Timur, untuk segera memetakan kekuatan partai di masing-masing kabupaten atau kota.

Pemetaan, lanjut dia, untuk memberikan kepastian dalam pilkada harus bersikap mengusung calon sendiri atau mendukung.

"Unggulkan dulu calon dari kader, sebab survei yang ada di luar bukan menjadi jaminan," ucapnya menegaskan.

Wakil Ketua DPW Partai Golkar Jawa Timur, Freddy Poernomo, yang dimintai konfirmasi membenarkan bahwa partainya masih menunggu hasil survei untuk mengusung calon dalam pilkada Jawa Timur.

Namun, menurut dia, Partai Golkar Jawa Timur, dengan perolehan sebanyak 11 kursi bisa saja mengusung bakal cagub atau bakal cawagub sendiri, meskipun harus berkoalisi dengan partai lainnya.

"Tapi kita juga belum tahu calon yang akan diusung karena masih melihat perkembangan," ucapnya menegaskan.

Ketika ditanya ia mengatakan kemungkinan bisa saja Partai Golkar Jawa Timur, mengusung Khofifah Indar Parawansa, sebab Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, sudah diusung PDI-P.

"Tapi ya bisa juga mengusung kader sendiri seperti Bu Haeny Relawati (mantan Bupati Tuban)," ucapnya menjawab pertanyaan terkait kader partai yang berpotensi untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur.

Ketua DPD Partai Golkar Tuban Haeny Relawati yang dimintai konfirmasi mengaku siap maju dalam Pilkada Jawa Timur, sepanjang ada instruksi dari partai.

"Saya siap saja maju di Pilkada Jatim," ucap mantan Bupati Tuban dua periode itu menegaskan.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017