Kendari, Sulawesi Tenggara (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara harus segera memperbaiki sekitar 30 persen ruas jalan provinsi di sejumlah kabupaten yang saat ini rusak parah, kata anggota DPRD Sulawesi Tenggara Litanto di Kendari, Rabu.

"Ruas jalan provinsi yang saat ini kondisinya mengalami rusak parah kurang lebih 30 persen dari total ruas jalan provinsi sepanjang 1.200 kilometer," kata Litanto.

Menurut Litanto, tahun ini Pemerintah Provinsi Sultra mengalokasikan dana perbaikan ruas jalan provinsi di beberapa kabupaten dalam APBD 2017 sebesar Rp300 miliar lebih.

Litanto ingin Pemerintah Provinsi segera menggunakan anggaran perbaikan jalan itu untuk memperbaiki jalan provinsi yang rusak parah itu.

Baca juga: (Di Sulawesi Tenggara, 360 kilometer jalan provinsi rusak parah)

"Jika seluruh badan jalan provinsi sudah berfungsi normal, maka dapat dipastikan tingkat pertumbuhan ekonomi Sultra akan meningkat," kata Litanto. "Tingkat kesejahteraan masyarakat Sultra yang tersebar di 15 wilayah kabupaten dan dua daerah kota, juga akan membaik".

Menurut dia, kondisi jalan yang baik bisa memicu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena berbagai komoditas pertanian termasuk angkutan barang dan jasa, akan lebih lancar terangkut ke pusat-pusat pemasaran.

Ruas jalan yang berfungsi normal juga bakal menekan biaya transportasi barang dan jasa menjadi lebih murah.

"Dampaknya yang lebih jauh, harga berbagai kebutuhan masyarakat juga bisa lebih terjangkau," kata Litanto.

Pewarta: Agus
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017