Budapest, Hungaria (ANTARA News) - Hungaria meloloskan UU baru yang akan mengusir sebuah universitas yang didirikan pengelola dana George Soros keluar dari negara itu, kendati muncul protes di Budapest dan kecaman dari luar negeri.

Perdana Menteri Viktor Orban yang menjadi pengecam utama organisasi sipil liberal yang didirikan Soros, menyatakan Jumat pekan lalu bahwa Universitas Eropa Tengah itu telah menyalahi aturan dalam memberikan penghargaan kepada para diplomat yang tegas-tegas dibantah pihak universitas.

UU yang dirancang untuk mengekang universitas luar negeri itu menandai babak baru upaya melawan lembaga-lembaga independen yang dituduh sekutu-sekutu Orban berusaha mempengaruhi lembaga peradilan, media dan bank sentral.

Wakil rakyat meloloskan RUU ini dengan 123 suara mendukung dan 38 menentang, sedangkan 38 lainnya tak memberikan suara.

"Organisasi-organisasi George Soros yang beroperasi di Hungaria dan di seluruh dunia adalah semata agen-agen sipil palsu dan kita bertekad menyingkirkan aktivitas semacam itu dengan semua perangkat hukum yang ada," kata menteri urusan SDM Zoltan Balog seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017