Karawang (ANTARA News) - Aparat kepolisian di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memaksimalkan operasi cipta kondisi untuk memastikan kondisi daerah aman dan tertib menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta.

"Operasi cipta kondisi ini digelar di sejumlah titik di wilayah hukum Polsek Karawang Kota," kata Kapolsek Karawang Kota Kompol Iwan Ridwan Saleh, di Karawang, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan operasi kemanusiaan yang dilaksanakan jajaran kepolisian, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Karawang.

Hal tersebut dilakukan terkait dengan problematika Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Putaran Kedua.

"Kegiatan ini juga sebagai bagian untuk mengantisipasi segala macam kemungkinan yg terjadi, terutama di Karawang," kata dia.

Sementara itu, Wakapolres Karawang Kompol Irwansyah mengatakan, menjelang Pilkada DKI Putaran kedua, pihaknya melakukan antisipasi gerakan massa menuju Jakarta.

Aparat kepolisian dari Polres Karawang telah disebar di sejumlah titik untuk terus melakukan pemantauan. Pantauan itu sendiri dilakukan di titik menuju Ibu Kota Jakarta.

Di antaranya ialah di Gerbang Tol Karawang Timur, Gerbang Tol Karawang Barat, serta Gerbang Tol Dawuan. Selain itu, juga dilakukan pemantauan di titik perbatasan Karawang-Bekasi atau di wilayah Tanjungpura.

Hal tersebut dilakukan menyusul beredarnya selebaran yang mengajak masyarakat dari luar Jakarta untuk mengikuti "Tamasya Al-Maidah", yakni mengawasi proses pemilihan Pilkada DKI yang digelar pada 19 April.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017