... pembangunan sekunder dan tersiernya akan dimulai tahun ini."
Gorontalo (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memilih mengendarai sepeda motor warga guna memudahkannya meninjau jaringan irigasi kiri di Daerah Irigasi Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Senin.

"Saat ini baru saluran kiri yang telah selesai dengan luas 4.084 hektare dan saluran induknya 6.746,94 meter, kemudian pembangunan sekunder dan tersiernya akan dimulai tahun ini," kata Basuki.

Ia menambahkan bahwa Jaringan Irigasi Randangan kiri memiliki saluran sekunder 22.544,65 meter terdiri atas bangunan bagi dan bangunan sadap, serta bangunan pelengkap.

Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga dalam kesempatan itu sangat bersyukur dengan kedatangan Menteri PUPR yang bersedia langsung memeriksa kegiatan pembangunan di daerahnya.

"Progres pembangunan daerah irigasi Randangan sudah hampir selesai, dan melalui Pak Menteri PUPR kita berharap bisa meyakinkan Presiden Joko Widodo untuk meresmikan," ujarnya.

Pembangunan bendungan dan irigasi Randangan diharapkan dapat mengairi 8.963 hektare areal persawahan di daerah itu, dan memerlukan dana sekira Rp597 miliar, serta dijadwalkan selesai pada 2018.

Basuki Hadimuljono dalam kunjungan langsungnya itu juga didampingi pula Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Jeanne Wagey.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017