Semarang (ANTARA News) - PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY menyatakan dampak dari gangguan PLTU Cilacap saat ini sudah dapat teratasi.

"Saat ini suplai listrik di Jawa Tengah sudah berangsur normal, kami berhasil memulihkan suplai aliran listrik akibat adanya gangguan PLTU Cilacap unit 1 dan 2," kata Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY Hardian Sakti Laksana di Semarang, Rabu.

Ia mengatakan penormalan tahap pertama sebesar 142 mega watt (MW) telah selesai dilakukan. Pihaknya berharap penormalan seluruh sistem dapat dilakukan dengan segera.

Sakti mengatakan saat ini sistem kelistrikan PLN di Jawa dan Bali sudah terinterkoneksi sehingga upaya pernormalan pasokan dapat dilakukan lebih cepat.

Sebelumnya, tepatnya pada pagi tadi pukul 08.52 WIB sempat terjadi gangguan di PLTU Cilacap Unit 1 dan 2 sehingga menyebabkan terganggunya suplai listrik di beberapa daerah di Jawa Tengah.

"Akibat gangguan tersebut, sebanyak 10 gardu induk dengan beban sebesar 500 MW tidak dapat mendistribusikan listrik ke pelanggan. Hingga saat ini, petugas masih mencari penyebab gangguan," katanya.

Atas kejadian tersebut pihaknya menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan dan masyarakat atas ketidaknyamanan yang dirasakan akibat gangguan pasokan listrik.

"Selanjutnya untuk kemudahan informasi dan layanan, pelanggan dapat menghubungi contact center PLN di nomor telepon 123, email pln123@pln.co.id, facebook PLN 123, dan twitter @PLN_123," katanya.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017