Kendari (ANTARA News) - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara, Yaudu Salam Ajo, mengaku pihaknya berkomitmen membantu pihak eksekutif dalam mendorong pengembangan usaha sektor perikanan tangkap di daerah itu.

"Perikanan merupakan komoditas strategis di Sultra, sehingga kami berharap dinas terkait bisa lebih konsentrasi mengembangkan klaster perikanan tangkap," kata Yaudu di Kendari, Selasa.

Ia mengaku kondisi geografi Sultra sebagai daerah atau provinsi kepulauan, sudah seharusnya menjadikan Sultra sebagai daerah penghasil ikan.

"Lebih banyak kabupaten yang berada di kepulauan dari pada yang ada di daratan Sultra. Ini potensi pengembangan perikanan tangkap," katanya.

Menurut dia, potensi perikanan Sultra didukung letak geografis yang diapit di laut besar, yakni Laut Banda dan Laut Flores.

"Dua laut dalam itu menjadi modal besar untuk produksi perikanan tangkap sehingga kita akan bantu kelompok nelayan yang bergerak pada usaha perikanan tangkap," katanya.

Dia mengatakan upaya pengembangan perikanan tangkap yang harus dilakukan salah satunya melatih para nelayan dalam mengelola usaha dan upaya pemberian bantuan permodalan untuk pengembangan usaha.

(T.KR-SPR/M029)

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017