Padang (ANTARA News) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumatera Barat (Sumbar) secara resmi akan mulai mengelar kompetisi Liga 3 musim 2017 pada 15 Juli.

"Kompetisi Liga 3 PSSI Sumbar digelar mulai 15 Juli 2017 dengan menggunakan sistem kandang dan tandang," kata Ketua Assprov PSSI Sumbar, Indra Datuak Rajo Lelo di Padang, Kamis.

Ia meminta agar setiap klub di 19 kabupaten dan kota atau calon anggota klub PSSI yang memenuhi persyaratan untuk ambil bagian dalam kompetisi kasta ketiga di Indonesia tersebut.

"Kami meminta setiap klub PSSI untuk segera mempersiapkan timnya sebaik mungkin agar bisa lolos ke tingkat nasional. Selain anggota klub PSSI, kompetisi Liga 3 ini juga bisa diikuti oleh klub calon anggota," tambahnya.

Ia menjelaskan untuk klub yang sudah bergabung dalam PSSI Sumbar sendiri sudah mencapai 19 klub yang diwakili satu klub dari setiap kabupaten dan kota di Sumbar

Ia menjelaskan untuk penyelenggaraan kali ini akan dibuka kesempatan besar bagi klub calon anggota PSSI untuk ikuti Liga 3 ini dengan memenuhi persyaratan yang diajukan.

Persyaratan itu meliputi, akte pendirian klub, kepengurusan yang aktif dan memang menjalankan pembinaan secara berkelanjutan.

"Kami tidak memberikan batasan peserta. Artinya jika bisa melibatkan lebih banyak klub tentu akan semakin baik karena membuat persaingan lebih ketat," sebutnya.

Untuk pemain yang bisa berlaga di Liga 3 tersebut, kata dia, minimal pemain yang kelahiran 1 Januari 1994 atau berusia 23 tahun ini, dan minimal lima orang pemain senior diatas U-23.

"Untuk kompetisi liga 3 tingkat nasional sendiri direncanakan September. Jadi kami akan menargetkan akhir Agustus Liga ini selesai dan dapat melatih klub pemenang," katanya.

Ia mengaharapkan setiap klub PSSI Sumbar sebanyak 19 ini bisa ikut serta dalam Liga 3 dan memberikan permainan terbaiknya. Karena tim yang berhak lolos dan berlaga di Liga 3 nasional akan diambil tiga peringkat terbaik.

Sesuai regulasi, lanjutnya tim-tim terbaik di Liga 3 akan "naik kelas" ke Liga 2, bahkan bisa lolos ke Liga 1 jika sukses serta konsisten berada di peringkat atas.

Pewarta: MR Denya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017