Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menggratiskan pendidikan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian dan membantu kemudahan biaya bagi mahasiswa asal Kabupaten Tasikmalaya yang kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

"Orang yang akan kuliah di Fakultas Pertanian Unsil akan dibantu pembiayaaan satu kecamatan satu orang minimal dan SMK pertanian gratis," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Muhammad Zein kepada wartawan di Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terus berupaya mencanangkan program dalam mendorong perkembangan pertanian daerah.

Salah satunya, kata dia, melalui dunia pendidikan dengan menggratiskan biaya pendidikan SMK Pertanian dan bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi Tasikmalaya untuk membantu kemudahan biaya mahasiswa asal Tasikmalaya.

"Anggaran dunia pertanian dikucurkan," katanya.

Ia menambahkan, persoalan pertanian di Kabupaten Tasikmalaya yaitu minimnya penyuluh pertanian lapangan (PPL) yang saat ini sudah banyak memasuki masa pensiun.

Pemerintah, lanjut dia, sulit mencari pengganti PPL, sehingga upaya untuk mencari penggantinya terus dilakukan dengan menyiapkan sumber daya manusianya melalui dunia pendidikan.

"Sulit dapatkan pengganti mereka," katanya.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, pemerintah daerah serius memperhatikan pengembangan dan potensi pertanian di Tasikmalaya.

Ia meyakini lima puluh tahun akan datang para ahli pertanian akan dibutuhkan sehingga perlu persiapan sumber daya manusia untuk menjawab masa depan tersebut.

"Seperti sekarang dibutuhkan ahli teknologi, sehebat apapun teknologi tanpa pangan maka timbul keresahan sosial," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017