Kendari (ANTARA News) - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), merilis bahwa hari Kamis (6/7) terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 4,2 SR mengguncang wilayah Timur laut Kabupaten Buton, Sultra dan sekitarnya.

"Hasil analisis BMKG Kendari, menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 19:54:51 Wita dengan kekuatan 4,2 SR dengan episenter pada koordinat 5.29 LS - 123.04 BT sekitar 6 KM Timur laut Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 22 KM," kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, Kamis malam.

Ia mengatakan, peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Kecamatan Kapuntori dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

"Di daerah ini goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang," katanya.

Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat katanya, belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Buton ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 21.00 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan," katanya.

Untuk itu katanya, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

"Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," katanya.

Ditinjau dari kedalamannya, katanya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Pulau Buton yang berada di Timur laut Kabupaten Buton.

Pewarta: Suparman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017