Biasa, setiap tahun ada demo."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan berbagai pihak jangan menghabiskan energi untuk perdebatan alat tangkap cantrang yang tidak ramah lingkungan, dan menganggap pro-kontra dalam suatu kebijakan adalah hal biasa.

"Presiden sudah melarang saya keluarkan energi untuk cantrang," katanya di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional Pemberantasan Penangkapan IkanTidak Sah, Tidak Dilaporkan dan Tidak Teratur (Illegal, Unreported and Unregulated/IUU Fishing) di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, aksi yang dilakukan kelompok nelayan pada saat ini merupakan hal yang biasa terjadi bila ada kebijakan yang dikeluarkan oleh pihaknya.

(Baca juga: Menteri Susi pemberantasan pencurian ikan belum sukses)

Susi mengingatkan bahwa pada 2016 juga pernah ada aksi demonstrasi setelah pemerintah mengeluarkan larangan penggunaan cantrang.

"Biasa, setiap tahun ada demo," katanya.

Susi Pujiastuti pun menambahkan bahwa aksi semacam itu juga biasa terjadi bila ada wacana perombakan (reshuffle) kabinet.

Sementara itu, nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia melakukan aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka, Selasa ini, sebagai bentuk keprihatinan atas sejumlah regulasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, termasuk dilarangnya alat tangkap cantrang.

(Baca juga: Istana temui perwakilan aliansi nelayan)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017