Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno menyatakan mendukung Bulan Tertib Trotoar yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepanjang Agustus ini. Dia bahkan menyatakan setuju menindak tegas para pelanggar fungsi trotoar agar menimbulkan efek jera.

"Kita dukung Bulan Tertib Trotoar, saya kemarin bicara sama Kadis UMKM agar kerja sama selain ditertibkan PKL di trotoar untuk pejalan kaki pedestrian," kata Sandiaga di Jakarta, Kamis.

Dunia usaha bisa mencari solusi untuk PKL yang sekarang menjalankan usaha di trotoar. Dicarikan tempat mereka dan mereka rata-rata mau direlokasi, kata dia.

"Nah untuk pengendara motor terutama juga demikian, dua hari lalu saya hampir tertabrak motor di trotoar lagi lari. Saya sepakat bahws harus ditindak tegas. Saya sepakat harus ada efek jeranya kalau sudah berulang kali. Karena itu sangat membahayakan," kata Sandiaga.

Dia menyatakan yang paling berhak di trotoar adalah pejalan kaki setelah itu pesepeda dan baru pengendara motor lalu pengendara mobil.

"Kemarin saya ingat itu ada motor yang sudah di atas trotoar, ngelawan arah lagi," kata Sandiaga. "Saya mengimbau dan berpesan pada para pelanggar peraturan itu untuk berhenti. Dan untuk itu harus ada penanganan harus ada efek jeranya."

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017