Jakarta (ANTARA News) - Komponis terkemuka Indonesia Ananda Sukarlan menggandeng musisi Australia Djakapurra Munyarrun untuk tampil bersama di Jakarta dalam rangka peringatan Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia Bradley Armstrong mengatakan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, konser ini menunjukkan hubungan sejarah kerja sama yang panjang antara warga Australia dan Indonesia yang telah ada sejak abad 18.

Konser bertajuk "Voyage to Marege" itu digelar pada 31 Agustus 2017 di Taman Ismail Marzuki, salah satunya untuk merayakan ikatan antara Australia dan Indonesia.

"Koneksi pribadi yang mendalam antara warga Australia dan Indonesia telah menjadi dasar yang kuat untuk hubungan yang kukuh antara dua negara," kata Armstrong.

Koneksi itu selanjutnya menginspirasi tema konser itu yang mengambil nama dari istilah Makassar untuk Arnhem Land di bagian utara Australia.

Konser "Voyage to Marege" terinspirasi dari koneksi antara masyarakat Yolngu dari Timur Laut Arnhem Land dan para pedagang Bugis dari Makassar.

Sebelumnya, di awal 2017, Ananda Sukarlan melakukan perjalanan ke Australia dan mengunjungi masyarakat Yolngu untuk mempelajari kebudayaan, tradisi dan musik mereka.

Dalam kunjungan itu Ananda juga berjumpa dengan Djakapurra Munyarrun, musisi pribumi Australia yang akan tampil sebagai salah satu solois dalam konser tersebut.

Konser itu adalah bentuk penghargaan untuk perjuangan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan dan satu perayaan hubungan antarwarga kedua negara yang terus tumbuh. Warga Ibu Kota diundang dalam acara tersebut dan tidak ditarik biaya.

Pewarta: Dyah DA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017