Madrid, Spanyol (ANTARA News) - Dinas Pertolongan Maritim Spanyol pada Rabu mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyelamatkan 95 imigran dari dua perahu kecil yang mereka gunakan untuk menyeberangi Selat Gibraltar.

Operasi pertama, yang dimulai pada pukul 21.30 waktu setempat pada Selasa, menyelamatkan 37 imigran setelah perahu mereka ditemukan oleh satu perahu patroli Dinas Pertolongan, sementara operasi pertolongan kedua berlangsung tak lama sebelum pukul 04.00 waktu setempat pada Rabu (29/8).

Perahu kedua membawa 58 penumpang, semuanya lelaki, termasuk 15 anak kecil, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam. Mereka dibawa ke Pelabuhan Tarifa dan mendapat pertolongan dari Palang Merah.

Mereka berada dalam kondisi sehat dan tak seorang pun memerlukan perawatan di rumah sakit, kata Palang Merah.

Agustus telah menyaksikan tekanan besar di perbatasan Spanyol, dan beberapa upaya untuk menyerbu perbatasan Spanyol Utara-Daerah Kantung Ceuta di Afrika, serta sangat banyak upaya untuk melakukan penyeberangan berbahaya dari Pantai Maroko Utara ke bagian selatan Spanyol.

Dinas Pertolongan Maritim telah mengkonfirmasi mereka menyaksikan kenaikan 19 persen dalam kegiatan selama enam bulan pertama tahun ini akibat kenaikan jumlah orang yang berusaha mencapai Spanyol.

(Uu.C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017