Pandeglang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten berharap pembangunan jalan tol oleh pemerintah pusat untuk mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, segera direalisasikan.

"Kita dari pemerintah daerah dan masyarakat Pandeglang sudah siap untuk mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan jalan tol itu," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Minggu.

Irna juga menyatakan optimistis pemerintah pusat, melalui kementerian terkait, akan melaksanakan pembangunan jalan tol sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

"Tahapan-tahapan dan waktunya sudah ditetapkan, dan saya yakin akan berjalan sesuai jadwal," ujarnya.

Pembangunan jalan tol, kata dia, merupakan program pemerintah pusat, namun sebagai tuan rumah Pemkab Pandeglang siap menyukseskan proyek itu.

"Saya sangat mengharapkan agar pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sudah dimulai pada akhir 2017," katanya..

Jika akhir tahun ini belum bisa dilaksanakan, kata dia, paling lambat pada awal 2018 pembangunan infrastruktur jalan itu sudah bisa direalisasikan.

Bupati juga mengingatkan, agar tidak ada oknum-oknum tertentu yang akan menghambat dalam pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Mudah-mudahan semuanya dapat berjalan lancar, tanpa ada kendala teknis yang terjadi di lapangan.

Pembangunan jalan tol dilaksanakan dalam tiga seksi, yakni pertama ruas Serang-Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak sepanjang 26,5 Km, seksi II Rangkas Bitung-Bojong, Kabupaten Pandeglang sepanjang 33 Km, dan seksi III Bojong-Panimbang sepanjang 24,41 Km.

Jalan tol itu akan bangun untuk mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Panimbang, dan diharapkan memberikan dampak positif pada perkembangan ekonomi Pandeglang.

Jalan tol itu, memiliki panjang sekitar 83 kilometer dan sepanjang 23 kilometer di antaranya berada di wilayah Pandeglang dengan melewati delapan kecamatan.

Pembangunan jalan tol tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp9,57 triliun, dengan rute melewati tiga kabupaten, yakni Serang, Lebak dan Pandeglang.

(T.S031/N005)

Pewarta: Sambas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017