London (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat Idul Adha kepada warga muslim Rusia dan menyatakan bahwa pemerintah memberikan perhatian besar kepada rakyatnya yang beragama Islam untuk merayakan Kurban Bayram.

Perayaan Kurban Bayram juga tidak luput dari dukungan aparat keamanan Rusia seperti saat melaksanakan shalat Id, kata  Sekretaris Pertama Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Moskow Enjay Diana kepada Antara London, Minggu waktu setempat.

Islam di Rusia merupakan agama dengan jumlah pemeluk terbesar kedua dan terbesar pertama di Eropa. Idul Kurban dalam bahasa Rusia, Kurban Bayram, merupakan salah satu hari besar umat muslim Rusia.

Di sejumlah wilayah Rusia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, hari Kurban Bayram dinyatakan sebagai hari libur.

Penduduk muslim Rusia mencapai 20 juta orang, namun berdasarkan sumber tidak resmi diperkirakan 30-35 juta orang.

Daerah-daerah di Rusia yang banyak berpenduduk muslim adalah Chechnya, Dagestan, Ingushetie, Tatarstan, Bashkortostan, Kabardino-Balkaria, Karachaevo-Cherkesia, dan Moskow.

Warga Indonesia di Rusia, khususnya di Moskow, juga merayakan Idul Adha 1438 Hijriah Jumat pekan lalu. Mereka yang jauh dari keluarga di Tanah Air memiliki kesan tersendiri merayakan hari raya ini.

"Alhamdulillah saya bisa shalat Id di KBRI Moskow. Sangat terharu bertemu dengan saudara Indonesia di sini dan semuanya ramah-ramah. Sangat senang sekali," ujar Siti Huraira yang berada di Moskow dalam rangka mengikuti pameran Collection Premiere Moscow 2017.

Salat Idul Adha di KBRI Moskow yang dikoordinir Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia (HPII) Moskow, diikuti sekitar 300 WNI di Moskow, staf KBRI Moskow dan keluarga, mahasiswa, masyarakat, serta tenaga kerja Indonesia yang tinggal di Moskow, dan delegasi Indonesia yang sedang mengikuti pameran busana terbesar di Eropa Timur, CPM 2017.

Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, mengatakan banyak hikmah dan pelajaran besar yang bisa dipetik dari perayaan Idul Adha.

Perayaan Kurban Bayram di Rusia tahun ini bertepatan dengan Hari Pengetahuan, yaitu hari pertama tahun ajaran baru bagi anak sekolah di Rusia yang dirayakan setiap 1 September.

Di sejumlah wilayah, salat Id dilaksanakan agak pagi agar masyarakat bisa merayakan Hari Pengetahuan, sedangkan di beberapa wilayah lainnya hari pertama tahun ajaran baru itu diundur menjadi 4 September.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017