Surabaya (ANTARA News) - Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik berkomitmen untuk mempererat kerja sama kota kembar (sister city) antara Kota Surabaya dan Kota Liverpool, Inggris.

"Ini kunjungan ketiga saya dalam tahun ini, saya berkomitmen mempererat kerja sama Liverpool dengan Surabaya. Surabaya merupakan salah satu kota yang maju di Indonesia dan punya peran penting bagi masa depan," kata Mozzam saat bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Kamis.

Menurut dia, beberapa waktu lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Liverpolol membahas kesepakatan kerja sama sister city. "Pada hari ini, kami melanjutkan diskusi tersebut," katanya.

Ia mengatakan Liverpol adalah kota pelabuhan, kota maju, parisiwata dan investasi yangg sangat bagus. Ada beberapa yang sudah dilakukan dalam rangka mempererat hubungan antara Liverpoool dan Surabaya yakni kerja sama di bidang pendidikan, pariwisata, pelabuhan, budaya dan sepakbola.

"Sepakbola sudah terkenal di Surabaya. Nanti akan disampaikan usulan-usulan untuk membuat akademi atau mengirim pelatih ke Surabaya. Pelatih itu nantinya akan mengajari anak-anak di Surabaya agar menjadi pemain terkenal di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, kata dia, yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut adalah seputar transportasi dan perencanaan tata kelola atau tata ruang kota untuk masa depan.

"Ada perusahaan Inggris sudah berbisnis di berbagai negara seperti Singapura dan Hongkong yang ingin berinvestasi di Surabaya. Produksinya bisa disesuaikan dengan keperluan Indonesia," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan kerja sama Liverpool dan Surabaya diperkirakan akan dilakukan pada November 2017.

"Nanti kita lihat. Kalau memungkinkan beliau kami undangan ke Surabaya untuk MoU pada November mendang," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017