Jakarta (Antara) -- Ajang Indonesia Business & Development (IBD) Expo 2017 digunakan PT PP Properti Tbk untuk mengenalkan Grand Shamaya di Kota Surabaya dan Grand Kamala Lagoon di Bekasi Barat, dua proyek pembangunan apartemen kelas menengah atas bernilai ratusan triliun rupiah yang tengah digarap perusahaan properti plat merah itu.  

"Apartemen Grand Shamaya dibangun di atas lahan seluas 1,6 hektar dengan total lima tower dengan ketinggian masing-masing tower mencapai 57 lantai. Apartemen ini nantinya akan dilengkapi dengan  jembatan untuk menyambung dari tower satu ke tower-tower yang lain," katanya Vice President Realty PT PP Properti Tbk Tjakra D Puteh di sela-sela pameran IBD Expo di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Kamis. 

Menurut dia, pembangunan apartemen di Surabaya ini diperkirakan menelan biaya sebesar Rp5 triliun. Ini berarti masing-masing towernya dibangun dengan anggaran mencapai Rp 1 triliun. "Rencana groundbreaking akan dilakukan akhir tahun ini untuk tower pertama. Sekarang masih dalam tahap persiapan perijinan," katanya 

Apartemen Grand Shamaya ini akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti kolam renang, jogging track di lantai 21 atau lantai delapan, termasuk para penghuninya bebas memelihara binatang peliharaan seperti kucing, anjing, dan burung. Mega proyek ini akan diserahterimakan kepada pembeli pada 2022. 

Mega proyek Grand Shamaya terletak di kawasan segitiga emas CBD Kota Surabaya yang lokasinya dikelilingi Jalan Basuki Rahmat – Embong Sawo – Embong Gayam dan Jalan Panglima Sudirman yang dekat dengan Tunjungan Plaza. Proyek ini menjadi terobosan pengembang karena membangun apartemen premium berkonsep resort pertama di Surabaya.

Proyek berkelas berikutnya adalah Apartemen Grand Kamala Lagoon yang rencananya dibangun di lahan seluas 30 hektar dengan total investasi mencapai Rp100 triliun. Pengembang rencananya akan membangun sebanyak 30 tower. 

Apartemen ini dimaksudkan untuk menyasar segment high end di Bekasi Barat. Grand Kamala Lagoon akan menjadi kawasan superblok di pusat perekonomian wilayah timur Jakarta dengan hunian berkonsep one stop living dengan berbagai macam fasilitas bintang lima mulai dari kolam renang, mini golf, jogging track, dan tempat spa hingga taman dan mal. 

"Tower pertama sudah selesai dan mau serah terima sedangkan tower kedua direncanakan awal tahun depan serah terima. Kemudian masuk ke tower ketiga dan keempat yang sebentar lagi masuk tahap konstruksi," katanya sembari menambahkan Apartemen Grand Kamala Lagoon berlokasi tak jauh dari jalur Tol Jakarta-Cikampek dekat dengan Universitas Gunadarma, Al-Ahzar dan Tol Exit Bekasi Barat. 

Selain membangun apartemen, PT PP Properti juga sedang bersiap mengoperasikan mal di Surabaya, Pekanbaru, Jakarta dan Balikpapan serta Hotel Park di Jakarta dan Bandung. Selain mengoperasikan, BUMN properti ini juga berencana membangun mal dengan nilai investasi mencapai Rp500 miliar serta membuka hotel di Pekanbaru dan Surabaya dengan total investasi antara Rp100 miliar sampai Rp130 miliar.

Pewarta: Ali Imron Hamid
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017