Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian mendukung upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang permesinan yang dilakukan oleh Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM PII).

"Sangat mendukung, karena itu berdampak positif bagi industri, salah satunya bisa mendorong tumbuhnya wirausaha baru," kata Sekjen Kementerian Perindustrian Haris Munandar dihubungi di Jakarta, Kamis.

Haris menyampaikan hal tersebut usai mendampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertemu pengurus BKM PII di Jakarta.

Menurut Haris, asosiasi tersebut berkontribusi dalam pengembangan SDM sektor teknik atau permesinan baik formal, dengan membentuk Institut Teknologi Indonesia di Serpong, Banten, maupun non-formal berupa pelatihan dan pembinaan.

"Mereka nanti ada kegiatan kemasyarakatan, bagaimana mereka membina bidang permesinan. Kemudian membantu perusahaan-perusahaan industri juga dalam hal permesinan, juga Industri Kecil Menengah (IKM)," ungkap Haris.

Pada kesempatan yang sama, PII juga mengundang Airlangga untuk menghadiri musyawarah nasional dalam rangka pemilihan kepengurusan baru pada 24 Oktober 2017 di Ruang Garuda, Gedung Kemenperin, Jakarta.

Menurut Haris, Airlangga akan hadir untuk pengarahan pada pergantian pengurus yang dilakukan tiga tahunan itu.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017