Serang (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta para kader dan pengurus DPD PDI Perjuangan (PDIP) Banten belajar dari kekalahan Pilgub Banten 2017, karena ketidak-kompakan kader dan pengurusnya.

Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP PDIP Ahmad Basarah di Serang, Rabu mengatakan, arahan Ketua Umum DPP PDIP dalam rapat tertutup bersama pengurus DPD PDIP Banten, adalah meminta agar kader dan pengurus PDI P Banten menjaga kekompakan dan soliditas serta tidak mengulang kesalahan pada Pilgub Banten yang lalu, karena kekalahan kader yang diusung PDIP dalam pilgub Banten tersebut.

"Ibu Mega mengajak bahkan menginstruksikan kepada para kader agar tidak mengulangi kesalahan dalam Pilgub Banten kemarin," kata Ahmad Basarah seusai mendampingi Megawati Soekarnoputri melantik ketua dan pengurus DPD PDI P Banten serta memberikan arahan kepada para kader partai.

Menurut Basarah, kekalahan dalam Pilgub Banten kemarin salah satu faktornya karena ketidak solidan dan kekompakan kader PDI P di Banten. Sehingga, kata dia, Ketua Umum DPP PDI P mengajak para kader agar belajar dari kesalahan Pilgub Banten kemarin, yaitu dengan mulai membangun kekompakan soliditas yang dibebankan kepada pengurus DPD PDIP Banten.

"Pak Asep (Ketua DPD PDI P Banten) dan Pak Ananta (Sekretaris) diberi tanggung jawab untuk menjaga kekompakan dan persatuan di dalam tubuh partai di Provinsi Banten ini," kata Basarah yang sebelumnya menjabat Plt Ketua DPD PDIP Banten.

"Kata Ibu Mega, soliditas dan kekompakan adalah 50 persen plus satu kemenangan. tetapi perpecahan dalam tubuh partai, itu sudah separuh kekalahan," Basarah menambahkan.

Basarah juga mengaku optimistis dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 di empat daerah di Banten, calon yang diusung PDIP akan menang. Empat daerah tersebut yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Serang.

"Kita menargetkan empat-empatnya kita menang," kata Basarah.

Basarah meminta pengurus DPD PDIP Banten dengan Ketua Asep Rahmatullah, Sekretaris Ananta Wahana dan Bendahara Ikhsan Sulistyo, bersama 23 pengurus DPD PDIP Banten menjaga solditas dan kekompakan serta mengawal pilkada serentak di empat daerah di Banten supaya calon yang diusung PDIP meraih kemenangan.

Ketua DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah mengatakan, setelah dilantik menjadi Ketua DPD PDIP Banten ia siap mengemban amanah dan tugas partai yakni menjaga kekompakan dan soliditas kader dan pengurus partai di Banten.

"Kehadiran Ibu Ketua Umum ke Banten ini menjadi spirit bagi kami untuk menjaga kekompakan, solditas dan gotong royong dalam tubuh partai," kata Asep.

Pewarta: Mulyana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017