Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-31 ASEAN di Philippine International Convention Center (PICC), Manila.

"Serangkaian agenda KTT ASEAN ke-31 telah menanti Presiden, mulai dari sidang pleno, jamuan santap siang, hingga sejumlah pertemuan lainnya," demikian siaran pers dari Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang diterima Antara di Jakarta pada Senin.

Acara pembukaan dijadwalkan berlangsung pada pukul 09.00 WIB.

Kepala Negara juga akan menghadiri pertemuan ASEAN Leader's Interface dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC), KTT ASEAN-AS, KTT ASEAN-Tiongkok, KTT ASEAN-Korea, KTT ASEAN-Jepang, serta Pertemuan APT Leaders lnterface dengan East Asia Business Council.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Minggu (12/11) menjelaskan Presiden akan mengikuti 11 kegiatan pada hari pertama dalam rangkaian acara KTT ASEAN tersebut.

Retno menambahkan jadwal kegiatan Jokowi saat KTT ASEAN hari pertama akan disesuaikan menurut agenda.

Sedangkan pada hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN, sebanyak sepuluh kegiatan telah menanti Presiden.

"Kalau kita total dalam dua hari ini akan terjadi 21 kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden," kata Retno.

Sejumlah pejabat yang turut mendampingi Jokowi pada Pembukaan KTT Ke-31 ASEAN yaitu Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, serta Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Dubes RI untuk Filipina Johny Lumintang juga turut mendampingi Kepala Negara dalam acara itu.

Dalam KTT itu, Indonesia akan mengusung upaya peningkatan kerja sama, baik antarsesama anggota ASEAN maupun antara ASEAN dengan negara mitranya.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017