Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat total kunjungan wisatawan dari Januari hingga Oktober 2017 mencapai 3.780.577 jiwa yang datang dari berbagai negara dan daerah.

"Untuk wisatawan mancanegara yang datang pada tahun ini sudah mencapai 122.810 jiwa dan sisanya dari nusantara," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Yudi P Yoga, di Sukabumi, Selasa.

Jumlah itu hanya yang terdata pihak dia, karena tidak berbanding lurus dengan nilai restribusi. Selain itu, tidak seluruh objek wisata di Kabupaten Sukabumi dikelola pemerintah, ada juga yang dikelola masyarakat dan swasta.

Jika data jumlah wisatawan yang datang dari seluruh pengelola objek wisata dilaporkan ke dinas pariwisata maka jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat dari data yang dimiliki kantornya.

Namun demikian, mereka tetap berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Apalagi saat ini Kabupaten Sukabumi tengah gencar berpromosi Taman Bumi Ciletuh Palabuhanratu.

"Walaupun objek wisata tidak dikelola sepenuhnya oleh pemerintah, tetapi tujuan pengembangan lokasi wisata itu selain untuk meningkatkan PAD juga untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017