Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla meresmikan fasilitas Iradiator Gamma Merah Putih dan laboratorium Radioisotop Radiofarma di puspitek Serpong, Tangsel, Banten (15/11).

"Kita tentu harus bangga peresmiaan iradiator gamma merah putih.Ini membuktikan kita mampu mampu mengembangkan teknologi nuklir untuk damai," kata Wapres M Jusuf Kalla saat peresmian di Puspitek Serpong Tangsel Banten, Rabu.

Lebih lanjut Wapres menjelaskan bahwa Indonesia saat ini memang memiliki banyak masalah tetapi juga sekaligus memberikan banyak kesempatan.

"Salah satunya, bagaimana mampu menyediakan bahan makanan bagi 240 juta penduduk," kata Wapres.

Dengan bertambahnya jumlah penduduk maka akan membutuhkan lahan untuk perumahan, industri dan sebagainya. Tetapi di sisi lain juga kebutuhan bahan makanan juga bertambah.

"Salah satu solusinya hanya dengan teknologi dan juga soal logistik," kata Wapres.

Wapres menjelaskan bagaimana teknologi bisa membuat buah-buahan bisa lenih awet sehingga buah dalam negeri bisa di ekspor ke manca negara.

Wapres mengingatkan penelitian sangat penting tetapi di samping penelitian harus digabungkan dengan industri, agar penelitian itu menjadi mempunyai nilai ekonomi, sehingga da nilai tambah.

"Ini harus ada salesman nya, agar bisa dijual ke industri. Dengan begitu maka akan ada insentif juga bagi penelitinya," katanya.

Fasilitas Iradiator Gamma Merah Putih dan laboratorium Radioisotop Radiofarma, 84 persen merupakan buatan Indonesia. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk buah-buahan, obat-obatan, kosmetik dan sebagainya.

Pewarta: Jaka Sugianta
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017