Sabang, Aceh, (ANTARA News) - Menteri Pariwisata RI Arif Yahya memantau kesiapan kegiatan tahunan nasional "Sail Sabang" yang akan berlangsung 28 November sampai 5 Desember 2017.

"Hari ini Menpar Arif Yahya berserta rombongan dan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meninjau langsung kesiapan Sail Sabang," kata Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Humas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Bahrul Fikri di ruang kerjanya, Selasa.

Ia mengatakan, Menpar bersama rombongan dan Gubernur Aceh menyeberang ke Sabang dengan Kapal KN-Krisna milik Badan SAR Nasional (Basarnas) Aceh dari Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh pukul 10:00 WIB dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Balohan, Sabang pukul 11:10 WIB.

Dalam kunjungan kerja tersebut Menpar yang turut didampingi Walikota Sabang Nazaruddin akan berkunjung ke sejumlah fasilitas umum yang ada di pulau terluar paling ujung barat Indonesia.

Menurut Bahrul, Menpar akan meninjau Bandara Internasional Maimun Saleh, Cot Ba U, Sabang dan lokasi puncak perlehatan Sail Sabang di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

Selanjutnya, Kata Kabag Umum dan Humas, Menpar bersama Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Walikota Sabang Nazaruddin serta panitia Sail Sabang akan menggelar rapat di lantai VI kantor walikota setempat terkait kesiapan Sail Sabang.

Sail Sabang mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Lokasi puncak penyelenggaraan Sail Sabang difokuskan pada tiga titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017