Kita menyambut baik kerja sama dengan Pemerintah Elverum."
Sabang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, dan Pemerintah Kota Elverum, Kerajaan Norwegia, menyepakati kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

Wali Kota Sabang Nazaruddin dan Wakil Wali Kota Elverum Arnfinn Uthus pada Jumat malam, menandatangani kerja sama usai makan malam bersama di Tugu Sabang Merauke, yang berada di depan Kantor Wali Kota Sabang.

"Kita menyambut baik kerja sama dengan Pemerintah Elverum," kata Wali Kota Sabang Nazaruddin.

Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) para pihak itu fokusnya di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, pembangunan dan lingkungan lingkungan hidup.

Wali Kota Sabang bulan lalu mengundang Pemerintah Norwegia untuk menghadiri acara "Sail Sabang 2017", yang berlangsung untuk ketujuh kalinya di pulau terluar paling ujung barat Republik Indonesia, pada 28 November hingga 5 Desember 2017.

"Beliau hadir karena undangan kita terkait Sail Sabang, kemudian lahirlah kesepakatan kerja sama itu," katanya.

Nazaruddin berharap kerja sama dengan Pemerintahan Norwegia tersebut dapat mendongkrak promosi industri pariwisata, peningkatan pendidikan, dan pelayanan kesehatan di kawasan Sabang.

Kordinator Perwakilan Norwegia Samarullah mengemukakan bahwa Pemerintah Kota Sabang diwakili Akademi Keperawatan (Akper) Ibnu Sina telah menjalin kerja sama dengan Inland Norway University of Applied Sciences (INN) sejak 11 tahun silam atau pascatragedi tsunami 2004.

"Didasari kerja sama yang dilakukan oleh Akper Ibnu Sina Sabang dengan Inland Norway University of Applied Sciences yang sudah berjalan lebih kurang 11 tahun, maka lahirlah kesepakatan kerja sama ini," kata alumni INN yang ikut mendampingi Wakil Wali Kota Elverum Arnfinn Uthus.

Wakil Wali Kota Elverum, Norwegia, Arnfinn Uthus dan Dekan INN Sven Inge Sunse tiba di Sabang, Rabu (28/11), yang dijemput oleh Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus.

Selama berada di Sabang, rombongan dari Kerajaan Norwegia itu mengikuti sejumlah rangkaian "Sail Sabang 2017".

"Rombongan itu akan mengikuti rangkaian Sail Sabang, dan kembali ke Norwegia, Minggu (3/12)," demikian Samrullah.

Kerajaan Norwegia berkedudukan di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents di Semenanjung Skandinavia, yang berbatasan dengan Swedia, Denmark, Finlandia dan Rusia.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017