Lumajang (ANTARA News) - Puncak bukit dengan ketinggian 2.900 meter dari permukaan laut atau dikenal dengan B-29 merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang dikunjungi wisatawan luar daerah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Berdasarkan pantauan di lapangan, banyak wisatawan luar daerah yang mengunjungi Puncak B-29 yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang Edy Hozaini saat dihubungi di Lumajang, Selasa.

Ia mengatakan Puncak B-29 masih ramai dikunjungi wisatawan, meskipun cuaca mendung dan sering hujan karena panorama Bromo Tengger Semeru tidak bisa terlihat dengan jelas saat cuaca mendung.

"Destinasi wisata yang dikenal dengan sebutan Negeri Di Atas Awan tersebut juga ramai dibicarakan di media sosial, sehingga semakin banyak wisatawan yang naik ke puncak yang memiliki ketinggian 2.900 mdpl itu," katanya.

Menurutnya objek wisata unggulan di Kabupaten Lumajang yakni Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut, Puncak B-29 Argosari, dan Air Terjun Tumpak Sewu.

"Selama liburan Natal dan Tahun Baru ini memang banyak objek wisata yang dikunjungi oleh wisatawan, namun sebagian besar pengunjung adalah warga Lumajang dan hanya beberapa objek wisata yang dikunjungi wisatawan luar daerah," ucap mantan Kabag Humas Pemkab Lumajang itu.

Ia mengatakan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lumajang selama liburan sekolah meningkat, namun tidak signifikan karena faktor cuaca yang tidak bersahabat yakni intensitas hujan yang cukup tinggi berpengaruh pada tingkat kunjungan wisata.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017