Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menerima perwakilan nelayan cantrang yang berunjuk rasa di seberang Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Menurut laporan Antara di Kantor Presiden, Jakarta pada Rabu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tiba di komplek Istana Kepresidenan untuk mendampingi Presiden dalam pertemuan.

Unjuk rasa tersebut dilakukan oleh nelayan asal Pantura di seberang Istana Merdeka Jakarta yang menuntut penggunaan cantrang. Suara orasinya terdengar hingga ke kompleks istana kepresidenan.

Sejumlah pengunjuk rasa mulai berkumpul di kawasan pintu gerbang Monas yang mengarah ke Istana Merdeka sejak pukul 08.00 WIB.

Presiden menerima perwakilan pengunjuk rasa di salah satu ruang pertemuan Istana Merdeka pada sekitar pukul 15.30 WIB yang juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sementara itu, Bupati Tegal Enthus Susmono ditemui di halaman Istana Negara mengatakan permasalahan cantrang terdapat dua persepsi yang mengakibatkan perbedaan pendapat.

Enthus menjelaskan bahwa masyarakat nelayan pantura menganggap cantrang bukanlah pukat harimau atau "trawl".

Namun demikian, pemerintah dalam hal ini Menteri Susi Pudjiastuti, menilai penggunaan trawl merusak sumber daya kelautan.

"Diharapkan nanti pemerintah akan jadi penengah dan cari solusi," kata Enthus.

Enthus menjelaskan dirinya datang bersama Walikota Tegal, Bupati Batang, Bupati Rembang dan Bupati Pati.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018